Impending Doom – Death Will Reign




Impending Doom 2013 copyArtist: Impending Doom
Album: Death Will Reign
Label: eOne Music
Release Date: 05 November 2013
Genre : Christian Metal
Buy It : iTunes
Reviewer: Didi Priyadi (Cross Band)

Track Listing :

01. Ravenous Disease
02. Death Will Reign
03. Beyond the Grave
04. My Own Maker
05. Doomsday
06. Rip, Tear, and Burn
07. Hellhole
08. My Blood
09. Endless
10. Live or Die
11. The Great Divine

 

Christian death metal at it best !

Menurut saya, album ini merupakan suatu bentuk pembuktian Impending Doom akan konsistensinya di ranah musik Christian Death Metal. Sound dan musikalitas mereka bisa dikatakan sangat buas dan bisa dijajarkan dengan musisi genre yang lain di luar kancah musik Kristen. Konsistensi mereka hingga sekarang telah membuahkan karya album penuh kelima mereka membuktikan bahwa mereka bisa konsisten hidup berkarya dan menyuarakan pesan Injil lewat musik yang buas;  death metal !

Produser Will Puttney yang dipinang untuk memimpin proyek sebagai Producer album ini bisa dibilang meraih sukses yang tak terpungkiri.

Double bass drumming dari Brandon ‘Btown’ Trahanyang rapat terkunci dengan distorsi gitar Manny Contreras dan Eric Correa menjadi fondasi di hampir setiap lagu sementara agresi vokal Brook Reeves sangat konsisten menghajar dengan tone yang keras, padat, bertenaga dan masif; sebuah perkembangan yang telah matang dan konsisten dengan rilisan album-album mereka sebelumnya.

Title track : Death Will Reign dibuka dengan drum pattern super susah sekaligus cepat, walau  tak sepenuhnya ngebut, lagu ini juga didominan groove ampuh yang bisa membuat kepala tak henti ber-headbanging. Beyond The Graves menjadi suatu komposisi megah nan brutal, di mana di bagian bridgenya, sempat teduh sejenak dengan alunan clean guitar, namun dihajar dengan brutal death blast beat drumming yang buas. Demikian juga dengan track setelahnya My Own Maker yang menurut saya sudah bisa dibilang sebuah komposisi brutal death metal. Ah, seandainya ada band Indonesia (Kristen, tentunya) yang mampu membawakan komposisi ini live di panggung, layak diberikan 10 jempol ! Ingat, ini adalah sebuah band Kristen. Taring mereka bahkan lebih tajam dari band-band sejenis mereka di scene sekuler yang anti-Kristus. Track penutup The Great Divine diakhiri dengan permainan solo piano klasik yang meneduhkan, sebuah strategi cooling down yang baik setelah merelakan telinga dihajar oleh musik agresif nan brutal.

Kesan saya secara overall, buat metalhead Kristen yang haus akan hiburan musik cadas nan brutal tanpa kompromi dengan lirik yang berani akan identitas Kristiani, silakan nikmati album Impending Doom “Death Will Reign” ini.


  • Facebook
  • Twitter