Stryper – No More Hell to Pay




stryper-no-more-hell-to-pay copyArtist: Stryper
Album: No More Hell to Pay
Label:  Frontiers Records (Universal)
Release Date: 05 November 2013
Genre : Metal / Hair Metal
Buy It: iTunes
Reviewer: Didi Priyadi (Cross Band)

Track Listing:

1. Revelation
2. No More Hell to Pay
3. Saved By Love
4. Jesus is Just Alright
5. The One
6. Legacy
7. Marching into Battle
8. Te Amo
9. Sticks and Stones
10. Water into Wine
11. Sympathy
12. Renewed

 

Dari melihat artwork covernya saya sudah bisa menakar keseriusan mereka untuk menghadirkan musik cadas yang berkelas. Sebuah konsep artwork yang menggambarkan seorang malaikat terbang dan menghancurkan rantai-rantai belenggu yang tadi mengikatnya. Malaikat itu terbang menjauhi alam maut atau neraka di bawahnya, terbang hendak melayang bebas dalam kemenangan dan kemerdekaan.

Track pembuka : Revelation terdengar tidak terlalu cepat, saya mengharapkan lagu yang up-tempo seperti ‘In God We Trust’ atau ‘ Soldiers Under Command’ yang up tempo. Kali ini mereka mau membuka album dengan sesuatu yang lebih anggun, ketimbang suatu lagu yang ngebut; namun sound modern yang keras dan ‘nampol’ dengan intro duet lead guitar sudah memberi kesan rock ‘old-school’ ala Stryper. Track kedua, No More Hell To Pay, menyajikan sebuah rock anthem mid-tempo seperti yang biasa mereka sajikan sebagai track andalan. Di sini masih terdengar Michael Sweet mampu menjangkau nada-nada tinggi metal selayaknya 20 tahun lalu; dan juga ia mengambil porsi lead guitar di album ini. Suatu skill yang jarang ditemui; seorang vokalis handal dengan kemampuan bermain guitar yang under-rated, namun sesungguhnya orang ini bisa dibilang luar biasa musikalitasnya. No More Hell To Pay juga dirilis sebagai video clip pertama dalam album ini, dengan ‘godaan’ unik nan iseng bagi para penggemarnya di mana sang drummer Robert Sweet ‘mejeng’ di video clip tanpa memainkan drum set full yang menuai pro kontra di  kalangan para fans. Suatu strategi unik untuk memancing komen publik pecinta musik.

Saved By Love, di track ketiga benar-benar memuaskan dahaga saya akan musik up-beat rock yang dari tadi saya tunggu-tunggu, semuanya ada di sini, beat  up tempo menghentak, vokal melengking, ‘nabok’ dan gagah – terutama di bagian reffrain lagunya, harmonisasi vokal khas ala Stryper (identitas kuat layaknya band gereja) dan lead guitar Oz Fox yang penuh aksi pyroteknik tingkat tinggi, ah….bisa dibilang ekstasi musik rock dimulai di track ini. Buat saya inilah lagu terfavorit saya sepanjang album ini. Lagu Jesus is Just Alright, di track berikutnya awalnya sebuah lagu lama yang dipopulerkan oleh the Doobie Brothers, lagu ini juga pernah diremake oleh band rap/alternative/rock DcTalk di akhir tahun 90-an, tapi harus saya katakan versi Stryper terasa sangat cadas dan aransemen mereka membuat kita mampu percaya seakan lagu ini memang lagu original Stryper. Interlude duel guitar bersahut-sahutan antara Michael Sweet dan Oz Fox, membawa lagu ini ke level yang jaaaauuuh lebih keren dari versi aslinya; anyways…. sebelumnya Stryper mengcover lagu-lagu band rock legend dalam satu album berjudul The Covering, yang juga sangat layak dikoleksi. Suatu penghargaan bagi band-band rock senior dengan interpretasi yang sangat Stryper sekali.

Lagu The One, sebuah lagu yang keren, seperti biasa dalam sebuah album cadas selalu ada satu lagu slow yang anggun dan bertujuan ‘menjual’, tapi rasanya lagu ini tetap gagah dan ‘menye-menye’, sekilas mendengarkan lagu ini saya teringat akan penampilan mereka di video klip ‘Honestly’ dan ‘I Believe In You’ yang dirilis di pertengahan tahun 80-an dengan rambut megar ber-hairspray….Te Amo, juga merupakan sebuah track asik yang tidak boleh dilewatkan, juga track favorit saya. Sympathy yang juga ditampilkan sebagai video clip kedua mereka juga sebuah amunisi yang sangat keren di album ini. Album ini ditutup dengan Renewed, yang…wah… membawa saya ke pengalaman ekstasi musik rock sekali lagi. Pembungkus yang mantap untuk suatu pengalaman old-school Christian Rock yang menyegarkan dahaga saya akan musik Kristen berkualitas wahid.

Biasanya saya sering kecewa ketika menyimak album terkini dari sebuah band legend andalan saya. Tapi tidak dengan Stryper; album No More Hell To Pay menegaskan kembalinya mereka ke kejayaan musik Stryper sebagaimana dulu mereka di kenal.

Kalau kamu seorang penikmat musik rock Christian yang baru saja menyelami genre musik ini di tahun 2000-an ke atas, sangatlah WAJIB bagi kalian untuk mendengarkan sebuah band legend dan pelopor Christian Rock yang konsisten di jalur, pesan dan eksistensi mereka selama 29 tahun, nyaris 3 dekade !!! Bukan hanya di scene CCM (Christian Contemporary Music), tapi juga di scene musik mainstream dan bersaing dengan band rock senior seangkatan mereka. Album ini adalah suatu keharusan bagi pendengar Christian Rock !


  • Facebook
  • Twitter