JUMPER FI “Jangan Membatasi Diri Untuk Memberi Pengaruh”

JumperFi profile

Satu lagi band dari ‘pasukan’ band kompilasi “From The Darkness Into The Light” produksi Christian Rockindo. Buat yang pernah menonton performance band ini secara langsung, pasti bisa setuju kalau saya bilang band ini band modern rock masa depan. Dipimpin Cas Coldfire di garda depan sebagai vokalis, kharismanya yang kuat dan power vokalnya yang gagah namun melodic memberi nyawa dan identitas yang kuat. Gitaris Tino Hutabarat yang meledak-ledak semangatnya membuat crowd juga ikut terbakar. Jupiter Jupi di sector bass memberi rhythm section yang solid namun sarat musikalitas. Kevin Sugito di sector drum, selain sebagai tulang punggung musik yang kokoh juga memberi atraksi ‘akrobat’ stick drum yang memukau. Jujur, menonton band ini akan sangat sukar untuk membagi perhatian mata kita karena semua sector sangat atraktif. Lagu “Coming Home, Lord” di kompilasi CRI dan juga lagu yang berikutnya “Game Riot” menunjukan kualitas mereka sebagai good songwriter with rockin’-out attitude.

Mari simak pembicaraan admin CRI dengan para personil Jumper Fi berikut.

 

(CRI) Hi Jumper Fi, apa kabar ? Gimana kesibukan band akhir-akhir ini ? Sedang kegiatan apa ? Aktivitas manggung, latihan, dll ?

Hi, thank you. Kami Jumper-Fi. Puji Tuhan dalam keadaan baik kita sedang sibuk proses kreatif and latihan karya-karya lagu kami sendiri and aktif manggung dan juga masing2 sibuk terus upgrading musikalitas dengan study music, seperti Kevin di IMI, Jupiter aktif session player, Cas aktif juga eksplorasi vocal dan soundnya, Tino aktif belajar guitar dan juga session player juga itu secara individu.

(CRI) Bisa dijelaskan awal terbentuknya Jumper Fi ?

Embrio Jumper-Fi dimulai dari 2012. Tino dan Kevin punya Band bernama Detik , lalu 2012 akhir band itu ga berjalan lancar lagi, Tino lalu ga nyerah. Dia cari orang yg menurut dia sesuai visi bermusik nya dengan dia dan Kevin. lalu dalam perjalanan itu Tino ketemu Jupiter bassist tapi belom langsung jadi,  jalan gak brapa lama lalu pas Detik msih sempat mangung terakhir ketemu Cas. Gak berapa lama Tino setelah konsolidasi sama Kevin, Cas, Jupi mulailah latihan dan langsung manggung diacara Chics, di tahun 2013.

Visi itu sendri dimulai dari kerinduan dari para personil yang dari sebelumnya pingin punya band modern rock, tapi isinya orang yang udah hidup dalam kebenaran, sehingga lewat music dan hidup benar, ada kualitas yg bisa dishare dan menjadi sarana menginjil or evangelism yang sering disepakati anak2 dengan istilah saint movement.

Yes kita Kristen, tapi kita bukan melulu band Kristen, kita band Modern Rock , mengejar karya dsn kualitas, dan Kristen adalah iman dan gaya hidup kita yg real bukan utk gay-gaya-an or jualan, kita mau real bermusik dengan kualitas yg baik, jadi berkat lewat karya yg pure, dan memuliakan Tuhan merupakan kerinduan pribadi kita masing-masing. Namun kita percaya saat kita tulus melakukannya, akan ada impact bagi yang mendengarkanya… that’s, Saint Movement.

 

(CRI) Sekarang formasi-nya siapa saja di band ?

voc: Cas Coldfire

Bass: Jupiter jupi

drum: Kevin Sugito

guitar :Tino Hutabarat

Itu frontlinenya.

tapi kita punya banyak additional lain yg mendukung musikalitas kita.

 

(CRI) Apa sih maksud dari nama Jumper Fi ?

JumperFI sendiri sebetulnya terdiri dari dua kata yang bermakna

Pertama Jumper, Secara harafiah adalah ‘Peloncat’, bisa di asosiasikan dengan gerakan melompat-lompat karena musik yang ber-energi, begitulah reaksi yang kita inginkan dari para pendengar kita.

Namun lebih jauh lagi maknanya bagi kita yaitu sebagai orang yang (udah) BreakThrough dari masa lalu yang rusak, to become a better persons who are doing a leap of Faith… we call it The Jumpers.

Kedua FI dari kata Semper-fi, ini istilah yang biasa digunakan dalam dunia militer, yang artinya ‘tetap setia’, loyalty to your Division or Group.

Namun kita mengambil sebagian katanya saja untuk Gimmick, yaitu “FI” saja, yang kita artikan “tetap setia kepada Iman kita, and for Christ”

Itulah asal mula kenapa kita memilih nama JumperFI

 

(CRI) Bisa dijelaskan music kalian ini apa genre/sub-genrenya ? Musisi yang jadi influence siapa saja ?

We are Modern Rock

influence variatif: POD, One OK Rock, Papa Roach, Mr. Big Trapt, Of Mice and man, Skillet, Coldran, … masih banyak lagi, …etc

(CRI) Kalian terlihat konsisten memakai violinist saat perform .. Apakah hanya sebagai additional player ? Atau berniat menjadikannya sebagai permanent member ?

So far (sebagai) session player, ke depannya kita lihat bersama bagaimana rencana Tuhan .

(CRI) Boleh Tanya apa pandangan kalian terhadap kondisi scene music independent dalam lingkup nasional (sekuler)

Scene music independent nasional sebenarnya cukup bagus yah dengan munculnya Burgerkill sampai bisa go international, Endah N Rhesa, Gugun Blues Shelter.  Sebenarnya masih sangat bisa optimis, tinggal bagaimana strategy dan analisa dan management dari suatu Band or musisi indie dalam berkarya dan memasarkan karyanya masing-masing…. setidaknya di indie kita lebih bebas berkarya… hehe peace.

 

(CRI) Ada kiat-kiat kalian untuk menembus perhatian khalayak umum akan karya dan eksistensi kalian ?

Kiat paling utama ya pasti, kuantitas perform. Perbanyak dokumentasi, hajar socmed (ini yg msh payah nih LoL), cari link dan team yang kuat. (standar bgt yah kiat kita? makanya bantuin donkss…

Ya satu hal lagi yg penting sih, membuat music yang berkualitas, punya karakter unik, maka kuping yang baik akan mengikuti, dan mulut yang ramah akan bercerita.

(CRI) Bagaimana dengan scene music Kristen kontemporer, khusunya scene music cadas yang Kristiani di Indonesia ? Apa pandangan dan hasil pengamatan kalian ?

Menurut kita Scene Christian Hard Rock is…Awesome… please don’t die!… it’s hard, it’s hurt, but what doesn’t kill you makes you stronger!!… ini merupakan refuge bagi yang kehilangan tempatnya, pelukan bagi yg membutuhkanya, wadah bagi yg perlu menumpahkanya… keep up!

Lihat nanti, saat kita terus bertahan, pasti akan menjadi suatu yg besar diperhitungkan.

asal, orang2 didalamnya benar2 dalam Kristus.

 

(CRI) Apa strategi kalian untuk eksistensi di music Christian ?

Strategi sama saja dengan ke Global, krn memang kita tidak hanya mengincar di scene Christian Music…

because we don’t want to be label as Christian Band, so sorry it will limited our Move and the Impact of Christ message to people.

 

(CRI) Bisa jelaskan makna lagu “Coming Home, Lord” yang ada di kompilasi From The Darkness Into The Light” dari Christian Rockindo …

Coming Home Lord! It’s simple song with millions feel.

Lagu itu menjelaskan bagaimana perasaan kita saat mau kembali kepada Tuhan, saat kita babak belur, dan bagaimana tetap konsisten walau dalam perang di jiwa kalian, karena kalian tau…something wonderfully awesome gonna happen to you, through the Lord.

(CRI) Lagu single kalian yang lain apa saja yang sudah beredar di internet via soundcloud, dan youtube ? Minta link url-nya…dan bias ceritakan juga tentang lagu tersebut..

Untuk saat ini lagu-lagu kita belum banyak beredar… kerena masih on progress memperbaiki kemampuan dan update socmed kita yang slow itu…

Tapi segera, akan ada single baru yg sangat kita suka, judulnya GAME RIOT!

ditunggu aja yah, jangan lupa follow dan subscribe Socmed JumperFi.

(CRI) Thanks untuk waktunya, dan boleh minta pesan2 buat pembaca artikel ini …

Jumping Higher by the Rockin Sound, and keep Semper-Fi to the awesome Lord… Do’t stop, our time has come!!

 

Untuk kontak lebih lanjut dengan JUMPER FI, silakan kunjungi link social media mereka di bawah ini :

Facebook

Twitter

 


Leave a Reply


  • Facebook
  • Twitter